Posted by: Budi Daryatmo | October 30, 2007

Sun Certified Mobile Application Developer

Kualifikasi kemampuan individu dalam dunia kerja memiliki kecenderungan yang semakin tinggi untuk dinilai dengan parameter berupa sertifikasi internasional yang dimiliki. Poin sertifikasi internasional ini saya kira telah menjadi tolok ukur utama, di samping pengalamanan kerja, di dalam menilai kemampuan seseorang terhadap keahlian yang dikuasai secara mendalam.

Khusus untuk para pengembang yang menggunakan teknologi J2ME di dalam mengembangkan aplikasi bergerak untuk perangkat bergerak yang mendukung Java, tersedia sertifikasi internasional yang dinamakan SCMAD (Sun Certified Mobile Application Developer). Mereka yang lulus ujian SCMAD, ditetapkan secara internasional bahwa yang bersangkutan memiliki standar keahlian di dalam menggunakan teknologi J2ME, termasuk di dalamnya menguasai spesifikasi JTWI (Java Technology for Wireless Industry), spesifikasi CLDC (Connected, Limited Device Configuration), spesifikasi MIDP, aspek Security, Networking, Application Model, MIDP Persistent Storage, Push Registry, MIDP UI API, MIDP Game API, MMAPI (Mobile Media API), dan WMA (Wireless Messaging API), yang diperlukan di dalam membangun berbagai aplikasi bergerak.

Mereka yang hendak mengambil ujian sertifikasi SCMAD, terlebih dahulu harus memiliki sertifikasi SCJP (Sun Certified Programmer for the Java 2 Platform). Pada gambar berikut diperlihatkan posisi berbagai sertifikasi internasional di dalam menggunakan teknologi Java dari Sun Microsystems.

Java Certifications


Leave a comment

Categories