Posted by: Budi Daryatmo | November 23, 2008

Morning!

“It’s always morning, for learning”

Morning! merupakan aplikasi yang dikembangkan PT. ConverGain Indonesia untuk keperluan penyampaian layanan pendidikan kepada masyarakat dengan media perangkat bergerak (ponsel dan PDA). Morning! tidak hanya mengenai teknologi atau menyediakan layanan, tetapi juga mengenai paradigma perubahan nature pendidikan ke arah pembelajaran yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Aplikasi yang dikembangkan diarahkan sebagai portal pendidikan berbasis mobile di mana pengguna dapat mengakses berbagai pengetahuan dengan berbagai fitur.

Lalu apa yang menjadi dasar pemikiran dikembangkannya morning!? Berikut adalah poin penting yang membentuk konsep morning!.

  • Mendukung aktivitas pendidikan di Indonesia.
    • Memberikan kemudahan atau menciptakan sarana belajar yang seluas-luasnya. Sistem morning! dapat diterapkan pada skala nasional. Apabila diupayakan materi pelajaran pada morning! adalah materi pelajaran yang berkualitas, dengan cara penyampaian yang baik, maka melalui sistem ini kita dapat mendorong pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia.
    • Menerapkan paradigma pembelajaran yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun dengan lebih mandiri dan interaktif.
    • Penggunaan media baru dalam belajar, diharapkan dapat memberikan experience yang baru dan menarik bagi pelajar, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan semangat belajarnya. Persepsi “belajar adalah menyenangkan” dapat ditanamkan melalui penerapan aplikasi ini.
  • Terdapat faktor pendorong yang memperbesar kesempatan penerapan morning! sebagai sebuah kecenderungan baru dalam belajar.
    • Tingkat penetrasi perangkat bergerak yang sangat tinggi, dengan spesifikasi teknis yang sangat memadai.
    • Tingkat penggunaan perangkat bergerak yang relatif mudah.
    • Harga perangkat yang semakin terjangkau, dibanding perangkat komputer personal.

Pada ajang lomba tingkat nasional yang diselenggarakan Indosat (Indosat Wireless Innovation Contest 2008) baru-baru ini, morning! yang dibawakan oleh Indra Purnama mendapatkan juara pertama pada kategori pengembangan software aplikasi solusi. Apa yang menarik dari aplikasi pembelajaran morning! ini? Morning! adalah aplikasi yang sangat layak untuk diimplementasikan dan dipercaya mampu memberikan sumbangsih yang tidak kecil bagi dunia pendidikan Indonesia, mengingat:

  • Jumlah siswa SMP & SMU yang sangat besar, lebih dari 13 juta siswa seluruh Indonesia (sumber : http://www.depdiknas.go.id).
  • Tingkat penetrasi telepon seluler di Indonesia yang mencapai lebih dari 46 juta pengguna (sumber : http://www.nationmaster.com), dengan jumlah nomor yang beredar per tanggal 31 Januari 2008 sebanyak 96,41 juta nomor (sumber : http://www.antara.co.id).
  • Dominasi teknologi J2ME (teknologi implementasi morning! versi mobile) pada telepon seluler yang beredar di Indonesia, sangat tinggi, yaitu lebih dari 74% (sumber : http://www.getjar.com).

Selain itu, morning! memiliki banyak fitur, yang semuanya mendukung pembelajaran. Khusus untuk fitur-fitur morning! dan bearer komunikasi yang digunakan, akan dijelaskan pada tulisan selanjutnya.

Sumber: Indra Purnama dan Budi Daryatmo


Responses

  1. Good Morning. Salut buat weblog ini. Semoga rekan blogger lain terinspirasi

    Tukeran link boz?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: