Posted by: Budi Daryatmo | December 2, 2007

Tentang GSM

GSM (Global System for Mobile Communication, sebelumnya Groupe Special Mobile), merupakan standar sistem telepon seluler paling populer di dunia. GSM berbeda dengan teknologi-teknologi generasi sebelumnya dalam hal kanal pensinyalan dan kanal suara memiliki kualitas pemanggilan digital. GSM diawali dengan diadakannya European Conference of Postal and Telecommunications di Eropa pada tahun 1982. Konferensi ini membentuk grup studi yang bernama GSM (Groupe Special Mobile) untuk mempelajari dan mengembangkan standar sistem telepon seluler yang dapat digunakan di seluruh kawasan Eropa. Pada 1989, tanggung jawab atas GSM diserahkan kepada ETSI (European Telecommunication Standards Institute) dan spesifikasi GSM fase pertama diluncurkan pada 1990. Jaringan GSM pertama diresmikan pada 1991 di Finlandia dengan bantuan pemeliharaan infrastruktur dari Ericsson. Pada akhir 1993, lebih dari 1 juta pelanggan yang menggunakan jaringan GSM, yang dioperasikan oleh 70 carrier di 48 negara.

GSM frequency band merupakan frekuensi spektrum radio yang ditentukan ITU untuk operasi sistem GSM telepon seluler. GSM-900 dan GSM-1800 digunakan oleh kebanyakan negara di dunia : Eropa, Middle East, Afrika dan sebagian besar Asia, termasuk Indonesia. GSM-850 dan GSM-1900 digunakan di Amerika Serikat, Canada, dan sebagian besar negara di Amerika. GSM-850 kadang secara salah dikenal sebagai GSM-800. Versi GSM yang lain, tetapi kurang dikenal, adalah GSM-400, yang menggunakan frekuensi yang sama dan dapat koeksis dengan sistem analog NMT (Nordic Mobile Telephone). PCS (Personal Communications Service) merupakan nama untuk band radio 1900 MHz yang digunakan untuk layanan telepon seluler digital di Canada, Mexico, dan Amerika Serikat. Di luar Amerika, PCS digunakan untuk mereferensi GSM-1900. Di Hongkong, PCS digunakan untuk mereferensi GSM-1800.

Multi-band phone merupakan perangkat bergerak yang mendukung lebih dari satu band frekuensi sehingga dapat digunakan secara lebih luas. Dual band phone dapat mencakup jaringan GSM yang beroperasi, misalnya pada band frekuensi 900 dan 1800 MHz (Eropa, Asia, Australia, dan Brazil) atau pada 850 dan 1900 (Amerika Utara). European tri band phone umumnya mencakup band 900, 1800, dan 1900, sehingga dapat beroperasi dengan coverage yang luas di Eropa dan memungkinkan penggunaan yang terbatas di Amerika Utara. Sebaliknya North American tri-band phone menggunakan 850, 1800, dan 1900 untuk penggunaan layanan secara luas di negaranya, tetapi terbatas di negara lain. Quad band phone mendukung semua band frekuensi utama GSM sehingga memungkinkan penggunaan secara global.

Multi-mode phone merupakan perangkat bergerak yang dapat beroperasi pada sistem GSM dan sistem telepon seluler dengan standar teknis yang berbeda. Seringkali multi-mode phone menggunakan lebih dari satu band frekuensi, yang dikenal sebagai multi-mode, multi-band phone. Sebagai contoh, Nokia 6340i GAIT yang dijual di Amerika Utara dapat beroperasi pada GSM-1900, GSM-850 dan legacy TDMA-1900, TDMA-850, dan AMPS-850.


Responses

  1. hai, salam kenal ya mas..wah artikel2nya menarik..saya pingin terus mengikuti berita2 terbaru dari perkembangan dunia ti.

  2. Terima Kasih ya gan

  3. thx ya gan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories