Posted by: Budi Daryatmo | August 27, 2009

Moment Post Card

Sebelum teknologi SMS berkembang luas di Indonesia, sudah merupakan tradisi bagi masyarakat kita untuk mengucapkan selamat dan berbagi ekspresi kepada sesama di setiap momen berharga mereka (misalnya pada Tahun Baru, Idul Fitri, Natal, ulang tahun, dll) melalui kartu ucapan atau kartu pos. Kartu ucapan atau kartu pos tersebut merupakan wujud fisik yang dapat menghadirkan kembali momen yang pernah terjadi dan seringkali disimpan sebagai kenangan.

Setelah SMS berkembang luas dan masyarakat mulai banyak memiliki perangkat bergerak, tradisi kirim terima kartu ucapan atau kartu pos secara fisik, perlahan mulai ditinggalkan. Hal ini dikarenakan masyarakat tidak direpotkan dengan teknologi SMS, di samping biaya SMS yang relatif murah. Masyarakat tidak perlu untuk membeli kartu ucapan, kartu pos, perangko, dan kebutuhan terkait, dan tidak perlu pergi ke tempat jasa pengiriman untuk membantu proses pengiriman ke tujuan. Masyarakat cukup mengetik SMS dan kemudian memilih menu kirim. Pengiriman SMS memang sangat sederhana, tetapi tetap ada momen yang tidak dapat digantikan dengan media fisik. Pesan SMS cenderung tidak disimpan sebagai hal penting yang pernah diterima dari sesamanya.

Berdasarkan kedua kondisi di atas, diusulkan ide yang dinamakan Moment Post Card, yang memadukan keunggulan dari kedua kondisi di atas. Moment Post Card merupakan layanan yang memungkinkan pengguna perangkat bergerak untuk berbagi ekspresi dalam bentuk teks dan gambar menggunakan teknologi SMS atau MMS, yang kemudian selanjutnya dicetak dalam bentuk fisik dan dikirimkan ke tujuan. Layanan ini dapat direalisasikan oleh mobile content provider dengan menjalin kerja sama dengan PT Pos Indonesia atau jasa pengiriman lainnya. Biaya layanan dapat dipotong melalui pulsa pengirim. Pihak penyelanggara dapat menyiapkan gambar default sebagai latar belakang kartu sesuai dengan momen yang ada dan dapat menawarkan media iklan atau brand marketing pada kartu yang tercetak. Alamat tujuan dan ucapan ekspresi pada SMS pengirim akan dicetak pada kartu default yang disiapkan, seperti yang diilustrasikan pada gambar di bawah.

moment post card 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: