Posted by: Budi Daryatmo | August 19, 2009

Mobile Content and Application

Q:  Seringkali kita mendengar istilah mobile content dan mobile application di kehidupan kita sehari-hari. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan mobile content dan mobile application?

A:   Mobile content dapat dipahami sebagai berbagai tipe media informasi yang digunakan atau ditampilkan pada perangkat bergerak (ponsel atau PDA). Sedangkan mobile application merupakan aplikasi yang ditujukan pada perangkat bergerak untuk mengelola atau memproses konten sesuai dengan fungsi aplikasi tersebut.

 
Q:  Ada apa saja tipe-tipe mobile content yang dapat dinikmati masyarakat?

A:   Tipe mobile content saat ini dapat dibedakan sebagai berikut.

  1. teks: news
  2. image: wallpaper, screensaver, theme
  3. audio: ringtone/musik (monophonic, polyphonic, realtone/audio clip), voicetone
  4. video: movie trailer, video clip

Realtone merupakan tipe mobile content yang sangat diminati masyarakat dan memberikan revenue yang signifikan bagi penyelenggara telekomunikasi melalui layanan ring back tone.

 
Q:  Bagaimana dengan mobile game?

A:   Mobile game pada dasarnya adalah aplikasi yang memungkinkan masyarakat untuk memainkan game pada perangkat bergerak. Namun seringkali mobile game diperlakukan sebagai mobile content daripada mobile application karena sifat aplikasinya yang unik. Tipe game yang dapat dibuat sangat bervariasi dan hanya dibatasi oleh imajinasi manusia, semakin kreatif imajinasi seseorang dan didukung dengan pengetahuan yang memadai dalam membuat game, maka sebuah konsep game baru dapat direalisasikan. Pada dasarnya, tipe-tipe game yang beredar di pasaran dapat dikelompokkan atas action game, adventure game, sport game, role playing game, dan puzzle game. Menariknya, dari hasil statistik, ternyata wanita mendominasi 65% mobile game revenue daripada pengguna pria. Kaum hawa ini dinilai sangat menyukai game puzzle, sedangkan action dan adventure game lebih disukai kaum pria.

 
Q:  Untuk memainkan mobile game yang ada di pasaran, apakah ponsel yang dimiliki harus memenuhi persyaratan khusus?

A:   Iya, setiap mobile game pastinya memiliki persyaratan minimum yang harus dipenuhi oleh ponsel yang digunakan. Untuk kasus Indonesia, 90% market share dikuasai oleh ponsel dengan platform Java. Oleh karena itu, banyak sekali mobile game yang dibuat oleh developer menggunakan Java. Untuk kasus Java game ini, maka ponsel yang digunakan harus mendukung Java. Java pada ponsel telah memiliki beberapa versi, MIDP 1.0, MIDP 2.0, dan MIDP 2.1. Saat ini kebanyakan mobile game yang beredar di pasaran untuk Java MIDP 2.0 karena versi ini memiliki market share hingga 74% di Indonesia.

 
Q:  Sebenarnya siapa yang membuat mobile content? 

A:   Operator seluler tidak membuat sendiri mobile content yang mereka distribusikan melalui jaringan mereka. Umumnya, mereka mengadakan kerja sama dengan berbagai perusahaan pembuat konten, yang biasa dikenal dengan istilah mobile content provider. Ada banyak sekali mobile content provider di Indonesia, beberapa diantaranya adalah Jatis Mobile, PT Inspira Inovasi Indonesia, dan Brain Code. Selain membuat mobile content, perusahan-perusahaan ini juga membuat mobile application.

 
Q:  Bagaimana peta kategori layanan mobile content dan mobile application di Indonesia? 

A:   Kalau kita lihat layanan mobile content dan mobile application yang disediakan oleh operator seluler di Indonesia, pada dasarnya dapat dikelompokkan sebagai berikut.

  1. Kategori Konektivitas, merupakan kategori layanan yang difokuskan pada fitur komunikasi dan kolaborasi dalam komunitas, grup, atau personal, seperti aplikasi instant messaging (chatting), push-mail, berbagai varian aplikasi SMS (SMS warna, Xpressive SMS, Secret SMS, Voice Music SMS), dll.
  2. Kategori Fun atau Hiburan, merupakan kategori layanan yang diarahkan untuk kepentingan hiburan, seperti mobile TV, streaming radio, games, music, aplikasi social networking (facebook), konten infotainment, dll.
  3. Kategori Produktivitas, merupakan kategori layanan yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan, seperti corporate WAP, aplikasi location based service, layanan mobile corporate user, dan layanan corporate solution lainnya.
  4. Kategori Pengembangan Diri, merupakan kategori layanan yang mengandung unsur pembelajaran untuk kepentingan pengembangan diri, seperti konten religius, mobile learning, berita, dll.

Q:  Saat ini mobile application apa yang sedang diminati masyarakat?

A:   Dari hasil statistik (www.getjar.com), mobile application yang sangat diminati masyarakat pada bulan Juli 2009 sebagai berikut.

  1. eBuddy Mobile Messenger
  2. Nimbuzz
  3. Opera Mini browser
  4. Skype Lite
  5. Facebook Mobile
  6. Yahoo Mobile
  7. Google Maps featuring Latitude
  8. Glassplayer Music Player
  9. Bitstream Bolt
  10. Mig33

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: