Posted by: Budi Daryatmo | November 1, 2008

Mobile Corporate User

Mobile corporate user merupakan layanan komunikasi, sebagai solusi hemat, yang diperuntukkan bagi para pengguna telepon seluler organisasi dengan berbagai nilai tambah yang ditawarkan oleh penyedia layanan. Seringkali layanan ini diimplementasikan oleh berbagai perusahaan untuk para pekerjanya yang sangat membutuhkan komunikasi mobile selama keperluan dinas. Manfaat yang dapat diperoleh suatu organisasi yang menerapkan layanan ini antara lain sebagai berikut.

  1. Mengurangi biaya komunikasi telepon seluler internal organisasi karena tarif yang diterapkan lebih rendah dari tarif normal. Umumnya, tarif yang dikenakan untuk layanan mobile corporate user berupa diskon terhadap tarif normal. Pentarifan yang ditawarkan para penyedia layanan dapat berbeda-beda, tergantung dari fitur yang ditawarkan, wilayah cakupan yang dimiliki, jumlah pengguna dalam satu organisasi, dan lain sebagainya. Sebagai gambaran, salah satu operator seluler di Indonesia memberikan tarif diskon 20% dari tarif normal untuk pengguna 5 sampai 25 orang, dan 25% dari tarif normal untuk pengguna lebih dari 25 orang. Untuk jumlah pengguna yang lebih besar, tarif ini dapat disesuaikan, tergantung kesepakatan antara organisasi pengguna layanan dan penyedia layanan. Tarif diskon ini di atas berlaku untuk rentang waktu tertentu, yang umumnya dari pagi hingga malam; sedangkan tarif diskon yang lebih besar (dapat mencapai 70%) untuk pemakaian selama rentang waktu dari malam hingga pagi hari. Umumnya layanan mobile corporate user yang ditawarkan penyedia layanan dikenakan minimum pemakaian per satuan waktu (bulan) yang nilainya sangat bervariasi, dimulai dari minimum Rp 35.000,00 per bulan hingga lebih tinggi. Biaya minimum ini bukan dalam pengertian abonemen, tetapi biaya komunikasi minimum dalam satu bulan.
  2. Biaya komunikasi setiap pengguna per satuan waktu (credit limit) dapat diset berbeda-beda, yang disesuaikan dengan regulasi organisasi. Terkait dengan ini, siklus billing dapat disesuaikan dengan berbagai opsi yang disediakan penyedia layanan atau atas kesepakatan kedua belah pihak dan umumnya tersedia fasilitas billing organisasi, baik yang bersifat rangkuman maupun rincian lengkap. Fasilitas ini dapat digunakan untuk menilai tingkat kelayakan penggunaan komunikasi dari setiap pengguna.
  3. Jangkauan layanan komunikasi ini sama dengan jangkauan layanan personal, yaitu jangkauan jaringan yang dimiliki penyedia layanan. Jangkauan ini tentunya akan berbeda-beda dari setiap penyedia layanan.
  4. Umumnya para penyedia layanan memberikan layanan pelanggan khusus (yang seringkali diistilahkan sebagai dedicated account manager atau dedicated corporate relation officer).
  5. Layanan nilai tambah yang lain, yang dapat dipadukan dengan layanan ini, seperti berbagai layanan data, layanan conference call di mana para pengguna dapat membuat conference call dengan pengguna lain di dalam grup yang sama, dan lain-lain.
  6. Alternatif lain, penerapan GSM/CDMA PABX Integration memungkinkan para pengguna suatu organisasi untuk menggunakan telepon selular (GSM) mereka sebagai jaringan khusus organisasi.

GSM/CDMA PABX Integration adalah integrasi antara jaringan GSM/CDMA dengan sistem komunikasi PABX sehingga telepon seluler berbasis teknologi GSM/CDMA akan terhubung dengan infrastruktur PABX organisasi. Integrasi ini memungkinkan telepon seluler menjadi bagian dari jaringan organisasi tanpa membatasi fungsinya yang mobile. Sebagai catatan, PABX eksisting yang dimiliki organisasi tetap dapat dipakai selama mendukung teknologi yang digunakan penyedia layanan. GSM/CDMA PABX Integration memungkinkan pelanggan organisasi untuk menggunakan telepon selular berbasis teknologi GSM/CDMA mereka sebagai jaringan khusus organisasi. Layanan ini dirancang untuk mengoptimalkan penggunaan jaringan tertutup untuk penggunaan telepon selular GSM/CDMA pengguna. Kelebihan dari fasilitas ini adalah pengguna dapat menikmati komunikasi yang selalu terhubung dan mengurangi biaya komunikasi internal karena biaya telepon lokal dengan antar wilayah menjadi tidak ada bedanya.


Responses

  1. Thanks pak web ini bermanfaat untuk kami semua
    moga diupdate trus web nyo bapak


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: