Posted by: Budi Daryatmo | October 30, 2008

Mobile Learning

BannerBlog

Mobile Learning : Paradigma Perubahan Nature Pendidikan Ke Arah Pembelajaran Yang Dapat Dilakukan Dimanapun Dan Kapanpun

Pendidikan merupakan investasi yang sangat berharga di dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, berbagai pengembangan terus dilakukan untuk menciptakan berbagai alternatif pembelajaran di dalam mendukung proses pendidikan. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu komponen penting di dalam menyediakan inovasi alternatif yang dimaksud. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di dalam dunia pendidikan terus berkembang dalam berbagai strategi dan pola, yang pada dasarnya dapat dikelompokkan ke dalam sistem e-Learning sebagai bentuk pembelajaran yang memanfaatkan perangkat elektronik dan media digital, maupun mobile learning (m-learning) sebagai bentuk pembelajaran yang khusus memanfaatkan perangkat dan teknologi komunikasi bergerak.

Untuk memberikan kemudahan atau menciptakan sarana belajar yang seluas-luasnya, yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, mobile learning merupakan bentuk teknologi yang menjanjikan. Tingkat penetrasi perangkat bergerak yang sangat tinggi, tingkat penggunaan yang relatif mudah, dan harga perangkat yang semakin terjangkau, dibanding perangkat komputer personal, merupakan faktor pendorong yang semakin memperluas kesempatan penggunaan atau penerapan mobile learning sebagai sebuah kecenderungan baru dalam belajar, yang membentuk paradigma pembelajaran yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Mobile learning didefinisikan sebagai segala bentuk aktivitas di mana pembelajaran terjadi di luar ruang kelas belajar formal, yang difasilitasi dengan pemakaian perangkat bergerak digital yang dapat dibawa dan digunakan dimanapun dan kapanpun. Perangkat bergerak digital yang dimaksud mencakup telepon seluler (mobile phone), Personal Digital Assisant (PDA), Personal Digital Media Player (iPod, MP3 player), dan smart phone.

Arsitektur Mobile Learning

Arsitektur mobile learning dapat menggunakan infrastruktur yang telah disediakan operator seluler, yang pada prinsipnya merupakan aplikasi 3-tier di mana terdapat layer front-end, application server, dan database server. Arsitektur yang dimaksud diperlihatkan pada gambar berikut.

Arsitektur Umum Mobile Learning

Arsitektur Umum Mobile Learning

Perangkat bergerak dapat dimanfaatkan sebagai media belajar secara offline (tanpa perlu adanya koneksi dengan sistem server melalui jaringan operator seluler) ataupun secara online dengan memanfaatkan media GPRS/UMTS(3G) untuk terkoneksi dengan repositori sistem, seperti yang diperlihatkan pada gambar di atas.

Bentuk Aplikasi Mobile Learning

Pada gambar berikut diperlihatkan satu contoh bentuk pemanfaatan mobile learning di dalam menyediakan konten pengetahuan berupa informasi wisata di Sumatera Selatan.

Konten Pengetahuan Wisata Sumatera Selatan

Konten Pengetahuan Wisata Sumatera Selatan

Akses konten dilakukan secara online melalui GPRS/UMTS dimana biaya akses data berkisar 0,1 hingga 12 rupiah per 1.024 karakter (byte), tergantung layanan operator seluler yang digunakan. Akses konten juga dapat dilakukan kapan saja secara offline di mana konten yang telah didownload dapat disimpan di database lokal perangkat bergerak sehingga pengguna sama sekali tidak mengeluarkan biaya untuk mengakses konten yang telah disimpan tersebut. 

Semoga pemanfaatan mobile learning ke depannya dapat memberikan sumbangsih nyata bagi masyarakat dan dunia pengetahuan kita.


Responses

  1. Great, & Congratulation!!! Hebat & Salut

  2. met ya juara 1 lomba blognya

  3. Selamat atas peringkat I
    You Good….goood….

  4. Selamat Pak, semoga ilmunya bisa tertularkan ke mahasiswa PalComTech 😀

  5. congratulation!!!!!!!!
    always writting..
    always low profile….

  6. ini toh pemenang indosat contest.
    pantes kok menang.
    selamat ya…

    AGUNG PRASETYA HARDIKA JAYA

  7. congratulation for you.
    salam ukhuwah

  8. congratulation.. you are the best..
    Bagi-bagi donk ilmunya..

  9. Selamat atas kemenangannya dalam acara Indosat Blog Contest

  10. […] pemenang Indosat Blog Contest saudara Budi Daryatmo dan ini blog tersebut, Budi mendapatkan hadiah sebesar Rp. 3 Jt kemudaian Budi dan teman-teman yang hadir pada […]

  11. Selamat bwt anda semoga tambah sukses. Info: DI BUKA PENDAFTARAN MENJADI AGEN PULSA ELEKTRIK, DENGAN CARA MUDAH HARGA MURAH SERVER HANDAL. mulai tgl 09.12.2008 sampai 28 januari 8009. BURUAN KUNJUNGI DI WAP http://bandarpulsa.jw.lt PENDAFTARAN GRATIS…!!!

  12. Waw..hebat…mau tukeran link gak???

  13. Selamat, bagi-bagi donk duit nya

  14. Congrotulation, Hebat tularin donk

  15. Amazing bro. Keep up the good work. Regards.

  16. Selamat atas prestasinya.
    http://wijayalabs.wordpress.com

  17. wow hebat kak budi….
    ajarin donk, oh iya boleh donk kenalan

    dhena
    http://service-epson.blogspot.com/

  18. ooh gini blognya pemenang Indosat Blog Contest. Yah pantes aja.. Daleeem bgt. Saluut..

    Lam kenal. BTW, tukeran link?

  19. Bro, another articles that might interest you. Another proof of usefulness of mobile learning.

    http://www.detikinet.com/read/2009/02/17/083113/1085887/317/ponsel-bantu-pelajar-lulus-aljabar

    Best,

    Hendy

  20. iiiihhh,,,,hEbAt bAngT Yaaaa,,,,sMgA k DpAnnYa + sUkSes ja,,,,AmiN

  21. met juara 1 indosat blog contest…
    law blh taw pa tip & trik supaya blog bagus…???

    thank

  22. wah….artikel yang bagus, pantes donk klo juara satu kontes blog indosat…share dunk ilmunya..
    thanks

  23. selamt atas kemenangannya, salam blogging……….

  24. blog walking..visit balik yo ^_^”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: