Posted by: Budi Daryatmo | April 29, 2008

Semua Berawal dari Ide

Banyak sekali produk aplikasi bergerak yang telah dihasilkan oleh perusahaan telekomunikasi seluler ataupun perusahaan penyedia layanan aplikasi bergerak. Semua produk itu adalah hasil implementasi dari sebuah konsep atau ide. Namun yang perlu dicermati, tidak semua ide adalah ide yang berharga dan dapat diimplementasikan menjadi produk yang memiliki nilai manfaat yang luas. Agar sebuah ide dikategorikan sebagai ide yang berharga, maka kriteria utama berikut sudah selayaknya untuk dipenuhi. 

  1. Inovatif. Ide yang dirumuskan sudah seharusnya merupakan ide yang baru, baik dari sisi performansi; kemudahan penggunaan; fungsionalitas atau manfaat; metode, proses, standar, atau teknologi, dan lain sebagainya.
  2. Aplikatif. Ide menjadi berharga jika dapat diimplementasikan dengan menggunakan standar, teknologi, metode, atau sarana lainnya, pada saat ini.
  3. Orisinil. Ide yang dihasilkan sudah seharusnya bukan hasil pemikiran orang lain.
  4. Unik. Ide akan lebih menarik jika memiliki keunikan, yang membedakannya dengan berbagai produk yang sudah ada di pasaran.
  5. Bermanfaat. Realisasi ide haruslah memiliki nilai manfaat bagi masyarakat banyak.

Ide yang memenuhi kriteria di atas seringkali disebut sebagai ide implementable. Dengan kata lain ide implementable adalah ide yang dinilai berharga karena telah dianalisis melalui studi kelayakan atas kriteria-kriteria di atas. Ide-ide dengan kategori implementable adalah ide-ide yang sangat layak untuk dikembangkan menjadi produk jadi, yang biasanya terlebih dahulu membuat prototipenya.

 

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: