Posted by: Budi Daryatmo | March 30, 2008

Antarmuka Standar J2ME

Terdapat dua jenis antarmuka pada J2ME, yaitu antarmuka tingkat atas atau antarmuka standar (High Level UI) dan antarmuka tingkat bawah (Low Level UI). Antarmuka tingkat atas terdiri dari komponen-komponen yang sudah terdefinisi dan siap digunakan pada MIDlet. Komponen-komponen ini mampu merespon input pengguna. Semua komponen pada antarmuka tingkat atas merupakan turunan dari Screen, sedangkan komponen untuk antarmuka tingkat bawah direpresentasikan oleh Canvas dan turunannya (GameCanvas).Antarmuka tingkat bawah menyediakan kendali lebih dalam pembentukan komponen sesuai dengan yang dikehendaki pengguna atau pengembang aplikasi. Pembentukan ini dapat meliputi tampilan maupun respon. Antarmuka jenis ini biasanya digunakan untuk membuat tampilan yang spesifik atau tampilan yang sesuai dengan keinginan pengguna atau pengembang aplikasi. Umumnya tampilan seperti ini digunakan pada pembuatan aplikasi game.

Untuk antarmuka standar, terdapat dua jenis komponen antarmuka, yaitu :

  • komponen jenis pertama : komponen yang membutuhkan kehadiran komponen lain untuk tampil pada layar (StringItem, ImageItem, TextField, DateField, Gauge, ChoiceGroup, Spacer, CustomItem),
  • komponen jenis kedua : komponen yang tidak membutuhkan kehadiran komponen lain untuk tampil pada layar (List, TextBox, Alert, dan Form).

Komponen jenis pertama kebanyakan mempunyai satu fungsi saja, seperti meminta masukan teks, menampilkan teks atau gambar, dan menampilkan tanggal. Komponen jenis pertama pada dasarnya merupakan turunan dari kelas Item. Komponen jenis kedua dapat memiliki beberapa fungsi sekaligus. Sebagai contoh, Form berfungsi menampung komponen-komponen jenis pertama dan mempunyai kemampuan scrollable jika komponen-komponen yang ditampungnya melebihi ukuran layar. Form, sebagai komponen jenis kedua, sangat dibutuhkan bagi komponen-komponen jenis pertama. Form sendiri tanpa kehadiran komponen-komponen jenis pertama ini juga tidak akan banyak berguna. Intinya, Form menampung komponen-komponen yang mewarisi kelas Item. Pada gambar berikut diperlihatkan hierarki kelas antarmuka J2ME.

Antarmuka J2ME


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: