Posted by: Budi Daryatmo | December 19, 2007

Mobile Service Architecture

Melihat pertumbuhan yang pesat dari berbagai teknologi dan layanan pada perangkat bergerak – dari Bluetooth menuju Scalable Vector Graphics menuju Web Service, dan lain-lain – tercipta kebutuhan untuk mendefinisikan sebuah platform baru untuk menstandarisasi teknologi-teknologi yang berkembang pada perangkat bergerak. Platform yang dimaksud adalah Mobile Service Architecture (MSA), yang dibangun di atas platform Java untuk perangkat bergerak (J2ME).

MSA merupakan platform yang didefinisikan untuk menciptakan lingkungan yang dapat diprediksi oleh para pengembang aplikasi bergerak, yang memanfaatkan teknologi terbaru pada perangkat bergerak. MSA dapat dikatakan sebagai platform selanjutnya dari Java Technology for Wireless Industry (JTWI). Spesifikasi MSA, Java Specification Request (JSR) 248, bertujuan meningkatkan fungsionalitas dari perangkat bergerak dengan menyediakan lebih banyak pustaka yang sangat dibutuhkan di dalam mengembangkan berbagai aplikasi, sekaligus bertujuan meminimasi variasi yang beragam pada lingkungan pengembangan perangkat bergerak. Spesifikasi MSA mendefinisikan platform pada perangkat bergerak generasi berikutnya untuk keperluan pengembangan aplikasi dan layanan.

Spesifikasi MSA menghasilkan sejumlah output sebagai berikut.

  • Roadmap berbagai JSR pada perangkat bergerak dan informasi ketersediaan JSR tersebut pada pasar perangkat bergerak di dunia. Seringkali perangkat bergerak pada area geografis yang berbeda tidak mendukung perangkat keras dan perangkat lunak yang sama. Spesifikasi MSA dibuat oleh para ahli di industri nirkabel untuk mengantisipasi permasalahan ini.
  • Spesifikasi yang mendeskripsikan komponen yang diperlukan pada lingkungan pengembangan aplikasi di perangkat bergerak, termasuk rekomendasi kombinasi teknologi untuk platform J2ME. Kebutuhan ini didesain untuk meningkatkan kompatibilitas komunikasi end-to-end.
  • Technology Compatibility Kit (TCK) untuk memverifikasi kompatibilitas terhadap klarifikasi yang didefinisikan di dalam spesifikasi MSA dan implementasi yang terintegrasi untuk semua teknologi yang dideskripsikan di dalam spesifikasi.

Tujuan dari spesifikasi MSA adalah mendefinisikan sekumpulan standar terhadap fungsionalitas aplikasi pada perangkat bergerak, sekaligus mengklarifikasi interaksi berbagai teknologi yang berasosiasi dengan spesifikasi CLDC dan MIDP. Karena banyaknya variasi pada kemampuan perangkat keras dan lunak yang dimiliki perangkat bergerak, spesifikasi MSA menawarkan dua pilihan, yaitu mengimplementasikan subset spesifikasi MSA yang telah didefinisikan (predefined subset of the MSA specification) atau mengimplementasikan spesifikasi MSA secara utuh (full MSA specification). Dengan demikian, perangkat bergerak yang kompatibel dengan MSA harus mengimplementasikan salah satu dari dua opsi di atas. Opsi yang pertama (subset) memenuhi fungsionalitas standar perangkat bergerak yang beredar saat ini, sedangkan opsi yang kedua (full) ditargetkan pada perangkat bergerak baru yang kaya akan fungsionalitas. Gambaran teknologi yang dideskripsikan pada spesifikasi MSA diperlihatkan pada gambar berikut.

MSA


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: