Posted by: Budi Daryatmo | December 7, 2007

Near Field Communication

Near Field Communication (NFC) merupakan teknologi konektivitas nirkabel baru dengan radius jangkauan pendek, yang berevolusi dari proses kombinasi teknologi interkoneksi dan identifikasi contactless eksisting. Produk dengan kemampuan NFC akan secara dramatis menyederhanakan cara berinteraksi dengan produk berkemampuan NFC lain karena NFC menawarkan koneksi yang cepat baik dalam hal pertukaran informasi ataupun pembayaran secara aman.

NFC beroperasi pada frekuensi 13,56 MHz dan memiliki kecepatan transfer data hingga 424 Kbps. Komunikasi standar antara dua perangkat yang mendukung NFC terjadi ketika mereka berada pada jarak 0 sampai 10 cm. Gerakan yang sederhana atau sentuhan dapat menginisiasi koneksi NFC, yang juga akan kompatibel dengan teknologi Bluetooth atau Wi-Fi. NFC dapat diterapkan pada berbagai perangkat, seperti telepon seluler yang memungkinkan pembayaran atau pertukaran pesan dan kamera digital untuk mengirim foto. Pada gambar berikut diperlihatkan peran NFC di dalam melakukan pembayaran.

NFC

NFC dan Bluetooth merupakan teknologi komunikasi dengan jangkauan komunikasi pendek yang telah diintegrasikan dengan telepon seluler. Keuntungan utama NFC dibanding Bluetooth adalah waktu set-up komunikasinya yang sangat cepat. Jika perangkat Bluetooth perlu melakukan proses manual untuk mengidentifikasi perangkat Bluetooth yang lain, koneksi antara dua perangkat NFC dapat dilakukan seketika (< 0,1 detik). Maksimum data transfer NFC sebesar 424 Kbps, lebih rendah dibanding Bluetooth sebesar 721 Kbps. Dengan radius lebih kecil dari 10 cm, NFC memiliki radius yang lebih pendek sehingga menyediakan tingkat keamanan yang lebih baik dan membuat NFC sangat sesuai untuk area yang ramai. Berbeda dengan Bluetooth, NFC kompatibel dengan teknologi RFID eksisting. Terakhir, tipe jaringan NFC bersifat point-to-point, sedangkan Bluetooth bersifat point-to-multipoint.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: