Posted by: Budi Daryatmo | December 4, 2007

Mobile Surveillance

Banyak sekali kondisi yang dihadapi masyarakat yang dapat memberikan perasaan kurang aman atau menjadi pikiran. Sebagai contoh, bagaimana seseorang merasa yakin bahwa lingkungan yang merupakan bagian penting dalam hidupnya, misalnya rumah atau ruangan penting dalam kantor, dalam keadaaan aman ketika ditinggal selama periode waktu tertentu ? Atau bagaimana orang tua dapat tetap memantau kondisi rumahnya yang ditinggal karena ada pekerjaan luar kota dan tetap dapat mengawasi bayinya yang ditinggal bersama babysitter, sekaligus mengobati rasa kangen terhadap bayinya tersebut ?

Untuk menjawab tantangan di atas, dirumuskanlah konsep yang mengkombinasikan aspek keamanan dan komunikasi ke dalam sebuah sistem yang dinamakan mobile surveillance. Mobile surveillance merupakan sistem monitoring lingkungan yang terintegrasi dengan perangkat bergerak (ponsel atau PDA) pengguna dimanapun dan kapanpun selama dalam jangkauan jaringan operator.

Arsitektur mobile surveillance memanfaatkan sistem eksisting operator seluler di mana pemilik ponsel 3G ataupun non 3G (GPRS) dapat menikmati layanan ini dengan tarif yang terjangkau. Jika menggunakan GPRS dengan tarif saat ini (Rp 1/KB), setiap frame gambar dapat diperoleh dengan hanya mengeluarkan biaya rata-rata Rp 3,-. Arsitektur prototipe mobile surveillance dapat dilihat pada gambar berikut.

Arsitektur Mobile Surveillance


Responses

  1. Telkomsel sudah ada video surveillance, tapi di akses dengan 3G Circuit Switch. Tetapi memang kualitas gambarnya kurang bagus untuk gambar yang dinamis, tetapi untuk video surveillance tampaknya sudah cukup.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: