Posted by: Budi Daryatmo | December 2, 2007

Java Technology for Wireless Industry

Platform pengembangan aplikasi yang paling banyak didukung oleh telepon bergerak hingga saat ini adalah Java, yang dapat berjalan dengan baik di berbagai sistem operasi. Namun, sudah menjadi hal yang umum bagi kalangan pengembang aplikasi bergerak, khususnya Java, bahwa aplikasi Java yang dibuat tidak sepenuhnya dapat berjalan di semua telepon bergerak yang mendukung Java. Hal ini, salah satunya, dikarenakan implementasi Java oleh berbagai vendor telepon bergerak tidaklah sama, terutama dalam hal fragmentasi API. Untuk meminimasi perbedaan ini, berbagai perusahaan di dunia (Motorola, Nokia, NTT DoCoMo, Orange, Siemens AG, Sun Microsystems, Sony Ericsson Mobile Communications, Symbian, Vodafone Group, dan lain-lain) membentuk kolaborasi untuk menyusun spesifikasi Java yang lebih jelas dan tegas bagi vendor telepon bergerak, operator, dan para pengembang aplikasi. Spesifikasi ini dinamakan Java Technology for Wireless Industry (JTWI).

Tujuan spesifikasi JTWI adalah untuk memperbaiki kompatibilitas, interoperabilitas, dan kelengkapan implementasi teknologi Java pada telepon bergerak. Spesifikasi JTWI meminimasi fragmentasi API dan memaksimalkan fungsionalitas bagi telepon bergerak sehingga dapat memperluas penerapan aplikasi yang telah dikembangkan untuk telepon bergerak. Spesifikasi JTWI mencapai tujuan yang dimaksud melalui hal berikut.

  • Menentukan sekumpulan API standar yang perlu diimplementasikan pada telepon bergerak.
  • Mengharuskan penerapan elemen-elemen dari spesifikasi komponen, sehingga menghilangkan fitur opsional dan memperbaiki kompatibilitas.
  • Mengklarifikasi lebih lanjut elemen-elemen dari spesifikasi komponen.

JTWI mendefinisikan 3 kategori spesifikasi, yaitu Mandatory, Conditionally Required, dan Minimum Configuration. Spesifikasi mandatory adalah MIDP 2.0 (JSR-118) dan WMA 1.1 (JSR-120); conditionally required adalah MMAPI 1.1 (JSR-135); dan minimum configuration adalah CLDC 1.0 (JSR-30).

CLDC merupakan spesifikasi yang ditujukan pada peralatan elektronik yang memiliki sumber daya yang sangat terbatas dan dikembangkan untuk keperluan wireless Java, yang memungkinkan pengguna telepon seluler atau PDA untuk menginstalasi aplikasi Java (MIDlet) ke peralatan mereka. MIDP merupakan spesifikasi yang dimaksudkan untuk memperkaya fitur CLDC dengan menyediakan tambahan kelas yang lebih spesifik ke tipe peralatan. Wireless Messaging API (WMA) merupakan spesifikasi yang ditujukan untuk menangani pengiriman dan penerimaan pesan singkat dengan platform Java. MMAPI merupakan spesifikasi yang ditujukan untuk menangani kemampuan multimedia pada telepon bergerak berbasis Java.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: