Posted by: Budi Daryatmo | November 29, 2007

Google Phone : Android

Perusahaan Internet raksasa Google bersama 33 perusahaan lain yang bergerak di bidang piranti lunak, piranti keras, Internet, produsen ponsel, sampai perusahaan telekomunikasi membentuk sebuah konsorsium bernama Open Handset Alliance (OHA). Konsorsium inilah yang akhirnya meluncurkan Android, yaitu perangkat lunak untuk telepon bergerak yang menyertakan sistem operasi, middleware, dan sekumpulan aplikasi utama. Pada gambar berikut diperlihatkan komponen-komponen utama perangkat lunak Android, yang pada dasarnya terdiri dari application, application framework, library, Android runtime, dan Linux kernel.

Arsitektur Android

  • Application, merupakan komponen yang disediakan Android dalam bentuk email client, program SMS, kalendar, peta, browser, kontak, dan lain-lain, yang semuanya ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.
  • Application framework, merupakan komponen yang didesain untuk menyederhanakan pemakaian ulang komponen di mana sembarang aplikasi dapat mem-publish kemampuannya dan aplikasi yang lain dapat menggunakan kemampuan tersebut. Para pengembang aplikasi memiliki akses yang utuh ke framework API yang digunakan oleh aplikasi utama.
  • Library, merupakan komponen pusataka C/C++ yang digunakan berbagai komponen Android. Pustaka ini dapat digunakan oleh pengembang aplikasi melalui application framework.
  • Android runtime, merupakan komponen pustaka utama yang menyediakan sebagian besar fungsionalitas yang tersedia pada pustaka utama bahasa pemrograman Java.
  • Linux kernel, merupakan kernel yang digunakan untuk layanan utama Android, seperti keamanan, manajemen memori, manajemen proses, network stack, dan lain-lain. Kernel ini berperan sebagai layer abstraksi antara perangkat keras dan layer perangkat lunak lainnya.

Responses

  1. Bud.. ikutan lomba bikin aplikasi Android itu gak? Seperti bisa menang disanašŸ˜‰


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: