Posted by: Budi Daryatmo | November 8, 2007

Augmented Reality

Mungkin kita cukup sering mendengar istilah Virtual Reality (VR), yang merupakan teknologi di mana pengguna berinteraksi dengan dunia maya, sama sekali tidak berhubungan dengan dunia nyata. Namun terdapat pula teknologi yang mengkombinasikan dunia nyata dan dunia maya atau model virtual yang dihasilkan dari pemrosesan komputer. Teknologi ini dikenal dengan istilah Augmented Reality (AR).

Menurut saya, teknologi AR sangat menarik, karena kita dapat menciptakan berbagai obyek virtual di dunia nyata yang didesain untuk membantu kehidupan. Dengan kemampuan teknologi AR, tentu saja banyak sekali ide inovatif yang dapat dikembangkan, dimulai dari menciptakan berbagai obyek maya di dunia nyata dalam sebuah permainan, menciptakan asisten pribadi virtual dalam aktivitas sehari-hari, atau bahkan menciptakan informasi berbasis lokasi terhadap setiap bisnis yang ada dalam sebuah gedung di pusat kota yang dilihat melalui kamera ponsel.

Pada intinya, AR memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan obyek nyata dan mendapatkan informasi tambahan terkait obyek tersebut. Teknologi AR membawa dunia komputer ke lingkungan kerja nyata manusia, sedangkan teknologi VR mencoba membawa kehidupan ke dalam komputer pengguna.

Pada gambar berikut, diperlihatkan seseorang sedang asik bermain bola kaki dengan ponsel kameranya di mana bola, gawang, dan kiper merupakan obyek virtual yang dihasilkan dari pemrosesan aplikasi AR. Sedangkan posisi kaki pemain dan lapangan rumput merupakan kondisi nyata bagi pemain.

AR - Football Game


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: