Posted by: Budi Daryatmo | October 31, 2007

Communicate

Instant Messaging (IM) merupakan tipe layanan komunikasi yang memungkinkan seseorang membentuk ruang komunikasi dengan orang lain untuk berkomunikasi mendekati waktu nyata melalui jaringan yang terpusat atau terdistribusi. Secara umum, sistem IM memiliki 2 layanan utama, yaitu layanan instant message dan layanan presence. Layanan instant message memungkinkan seseorang untuk mengirim dan menerima pesan, sebagai sebuah pesan tunggal atau bagian dari sesi percakapan, sedangkan layanan presence memungkinkan seseorang memberitahu status keberadaannya dalam jaringan atau melihat status keberadaan individu lain. Pengertian presence sendiri pada dasarnya mencakup informasi availabilitas, kondisi, atau lokasi seseorang/peralatan. Di samping kedua layanan utama tersebut, terdapat layanan lain yang sangat menunjang sistem IM, yaitu grup dan pertukaran file. Layanan grup memungkinkan sekelompok orang membentuk grup untuk membahas berbagai topik yang spesifik, sedangkan layanan pertukaran file memungkinkan seseorang untuk mengirim dan menerima file.

Communicate merupakan IM berbasis Bluetooth yang memungkinkan berbagai perangkat Bluetooth dapat saling bertukar informasi atau berkomunikasi tanpa melalui jaringan nirkabel milik operator seluler ataupun Internet. Sistem ini diimplementasikan pada perangkat seluler (CLDC 1.0, MIDP 2.0, dan JABWT) dengan fungsionalitas serupa dengan IM pada umumnya.

Arsitektur komponen Communicate yang dibangun mengacu pada pola arsitektur Model View Controller (MVC). Model merepresentasikan data dan business logic Communicate, view merepresentasikan antarmuka Communicate yang berfungsi menampilkan data dan menu perintah bagi pemakai, sedangkan controller bertugas menerima aksi dari pemakai dan memberi tahu subsistem model bahwa terjadi aksi untuk mengubah data dan berfungsi sebagai jembatan bagi model untuk mengupdate view setiap kali terdapat perubahan data. Komponen model Communicate terdiri dari bagian berikut.

  • Connection pool, merupakan komponen yang menyimpan informasi koneksi peralatan Bluetooth, seperti alamat Bluetooth, nama alias, tipe peralatan, dan lain sebagainya, yang berperan di dalam mengatur proses penerimaan dan pengiriman aliran data.
  • Stream parser, merupakan komponen yang bertugas memproses aliran data menjadi obyek-obyek Java.
  • Data manager, merupakan komponen yang bertugas memproses data yang dibutuhkan berdasarkan informasi obyek-obyek Java yang didapat dari slave/master atau controller master/slave, kemudian mengatur proses pengiriman obyek-obyek data tersebut ke packet queue.
  • Packet, merupakan komponen yang menyimpan obyek-obyek Java.
  • Packet queue, merupakan komponen yang bertugas membuat paket dari obyek-obyek Java yang diterima, menampungnya, dan memberitahu packet handler bahwa terdapat paket yang perlu dikirim.
  • Packet handler, merupakan komponen yang bertugas mengambil paket Java dari packet queue dan memprosesnya menjadi aliran data.

Komponen Model Communicate

Tampilan aplikasi Communicate diperlihatkan pada gambar berikut.

Tampilan Communicate


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: