Posted by: Budi Daryatmo | October 30, 2007

Nomor Telepon Darurat

Nomor telepon darurat adalah satu atau beberapa nomor telepon yang dapat dihubungi dalam keadaan darurat oleh masyarakat umum untuk mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, seperti polisi, pemadam kebakaran, dan pertolongan medis atau pengangkutan ke rumah sakit. Di banyak negara hanya ada 1 nomor telepon darurat sehingga mudah diingat. Nomor darurat tunggal ini disebut nomor telepon darurat universal atau nomor telepon jasa-jasa penanganan keadaan darurat. Dengan nomor telepon darurat tunggal ini, masyarakat umum yang memerlukan dapat meminta bantuan dari jasa-jasa penanganan keadaan darurat setempat.

Nomor telepon darurat dapat berbeda-beda dari satu negara ke negara lainnya. Ada nomor telepon darurat yang sama di semua negara lewat telepon satelit global. Biasanya nomor telepon darurat terdiri dari 3 nomor yang dapat diingat dengan mudah dan dapat dihubungi dengan cepat. Di beberapa negara terdapat nomor telepon darurat yang berbeda-beda untuk setiap jasa penanganan keadaan darurat.

Dalam standar GSM terdapat nomor darurat 112. Pemakaian nomor yang sama di seluruh dunia memungkinkan pemakai GSM memanggil nomor telepon darurat melalui jaringan seluler GSM terdekat, walaupun telepon GSM tersebut tidak terhubung ke jaringan seluler GSM tempat telepon tersebut terdaftar. Sebagian besar telepon seluler GSM dapat menghubungi telepon darurat 112, walaupun telepon tersebut terkunci atau tidak memakai kartu SIM.

Nomor telepon darurat di Indonesia antara lain sebagai berikut.

  • Polisi : 110.
  • Ambulans : 118 dan 119.
  • Badan Search and Rescue Nasional : 115.
  • Posko bencana alam : 129.
  • Perusahaan Listrik Negara (PLN) : 123.
  • Pemadam Kebakaran : 113 atau 1131.
  • Nomor darurat telepon seluler dan satelit : 112.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: