Posted by: Budi Daryatmo | October 27, 2007

QR Code

Bar-code adalah susunan garis vertikal hitam dan putih dengan ketebalan yang berbeda, yang dapat digunakan untuk menyimpan data-data spesifik dengan kapasitas kecil, seperti kode produksi, tanggal kadaluwarsa, dan nomor identitas. Bar-code sangat dikenal karena menawarkan akurasi yang tinggi dan kecepatan untuk dibaca. Karena kepopuleran bar-code inilah, industri mulai mencari teknologi code yang baru dengan kapasitas lebih besar, tipe karakter yang didukung lebih banyak, dan menempati space yang lebih kecil. Teknologi yang dihasilkan dikenal dengan isilah umum 2D-Code. Berikut adalah perbandingan beberapa tipe 2D-Code.

Perbandingan Tipe 2D Code

QR Code, merupakan tipe 2D-code, dikembangkan Denso Corp., yang berisi informasi dalam arah vertikal dan horizontal. Karena QR Code menyimpan informasi dalam arah vertikal dan horizontal, maka QR Code hanya memerlukan sepersepuluh tempat yang diperlukan bar-code untuk kapasitas data yang sama. Untuk ukuran yang lebih kecil, teknologi Micro QR Code dapat digunakan.

QR Code memiliki kapasitas data yang besar. Bar-code konvensional hanya memiliki kapasitas maksimum sekitar 20 digit, QR Code memiliki kapasitas hingga ribuan karakter dan mendukung berbagai tipe data (numerik, alpanumerik, Kanji, Kana, Hiragana, simbol, dan biner).

QR Code memiliki kapabilitas memperbaiki kesalahan. Data tetap dapat didecoding meskipun sebagian simbol QR Code kotor atau rusak. Jumlah maksimum byte yang dapat diperbaiki adalah 30%, yang sangat tergantung dari tingkat kerusakan yang terjadi.

Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan QR Code dalam dunia nyata.

Aplikasi QR Code

Aplikasi QR Code (2)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: