Posted by: Budi Daryatmo | October 22, 2007

Location Based Service (1)

Location Based Service (LBS) merupakan layanan yang menyediakan informasi spatial kepada pengguna dengan berbasis pada lokasi geografis. LBS memiliki peran yang semakin penting di lingkungan masyarakat yang modern, mobile, dan always-connected. Hal utama yang perlu diperhatikan di dalam mengimplementasikan aplikasi LBS adalah kemampuan menentukan lokasi pengguna komunikasi bergerak (positioning). Provider LBS dapat menggunakan beberapa metode untuk menentukan lokasi. Salah satunya adalah teknik yang berbasiskan jaringan (network based). Metode yang umum digunakan pada teknik ini adalah Cell of Origin (CoO), Time Difference of Arrival (TDoA), Angle of Arrival (AoA) dan Enhanced Observed Time Difference (E-OTD).

  • Metode CoO merupakan metode yang paling sederhana, yaitu menggunakan informasi lokasi dari BTS. Metode ini jarang digunakan karena akurasinya yang rendah.
  • Metode TDoA merupakan metode yang umum digunakan karena akurasi yang dihasilkan cukup tinggi. Metode ini menggunakan perhitungan perbedaan waktu dari minimal tiga BTS yang terdekat.
  • Metode AoA menggunakan perhitungan dari sudut dimana sinyal ditransmisikan dan ditangkap oleh BTS.
  • Metode E-OTD menggunakan perhitungan yang hampir sama dengan metode TDoA. Kedua sisi yaitu BTS dan perangkat pengguna (ditambahkan aplikasi tertentu) digunakan untuk menghitung perbedaan waktu antara BTS. Estimasi posisi dihitung berdasarkan perbedaan waktu dari minimal tiga BTS yang terdekat dengan menggunakan teknik posisi hiperbola. Teknik E-OTD dapat menghasilkan akurasi yang lebih tinggi yaitu 50 – 125m.

Responses

  1. pak bud, blog ny aq link d blog ku y? d http://ellymufidah.blogspot.com

    kebetulan aq juga pernah bikin lbs prototype untuk aplikasi “where am I?” tahun 2003.
    topik ini pernah d roadshow kan oleh ericsson indonesia sept 2003. pada acara It goes to Campus..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: