Posted by: Budi Daryatmo | December 4, 2007

Teknologi Generasi Pertama

Teknologi 1G merupakan standar telepon seluler analog yang mulai diperkenalkan pada tahun 1980-an dan berlanjut hingga digantikan oleh teknologi digital 2G. Teknologi atau standar yang digunakan pada generasi pertama antara lain : NMT, AMPS, TACS, ETACS, Hicap, CDPD, Mobitex, dan DataTAC.

NMT (Nordic Mobile Telephone), merupakan sistem telepon seluler pertama yang bekerja secara otomatis penuh, yang mulai dibuka untuk umum pada 1981 sebagai respon terhadap meningkatnya persyaratan yang tidak ekonomis dari jaringan telepon seluler manual : ARP (150 MHz) di Finlandia dan MTS (450 MHz) di Swedia, Denmark, dan Norwegia. NMT menggunakan teknologi analog dan memiliki dua varian, yaitu NMT-450 dan NMT-900. NMT digunakan di negara-negara Skandavia (Denmark, Finlandia, Norwegia, dan Swedia), Swish, Belanda, Eropa Timur (Hungaria, Polandia, Bulgaria, Republik Ceko, Slovakia, Slovenia, Serbia, Kroasia, Bosnia, negara-negara Baltik), Rusia, sebagian Timur Tengah, dan sebagian Asia.

AMPS (Advanced Mobile Phone Service) atau IS-136, merupakan standar sistem telepon seluler analog yang dikembangkan oleh Bell Labs, yang diperkenalkan secara resmi di Amerika pada tahun 1983. AMPS beroperasi pada frekuensi 800 MHz “Cellular” FM band.

TACS (Total Access Communications System), merupakan teknologi yang dikembangkan Motorola yang hampir sama dengan AMPS dan diperkenalkan tahun 1985. TACS digunakan di Inggris, Italia, Spanyol, Austria, Irlandia, Jepang dan beberapa negara Eropa. TACS merupakan standar analog yang dominan dipakai di Eropa dan beroperasi pada frekuensi 900 MHz. Di Jepang TACS dikenal dengan nama JTAC (Japanese Total Access Communication), yang diperkenalkan tahun 1991. TACS akhirnya tergantikan oleh teknologi GSM, tetapi khusus di Inggris TACS tergantikan dulu oleh ETACS tahun 1987 (sama dengan TACS hanya ETACS memakai saluran yang lebih banyak daripada TACS) sebelum benar-benar tergantikan oleh GSM.

Hicap, merupakan teknologi seluler yang dikembangkan oleh NTT (Nippon Telegraph and Telephone) di Jepang sebagai alternatif mobile solution NTT dengan kapasitas yang lebih besar. Hicap menggunakan frekuensi carrier 25 KHz dan FDMA untuk memisahkan telepon dari sumber yang berbeda.

CDPD (Cellular Digital Packet Data), merupakan standar komunikasi data wireless pada jaringan telepon seluler, menggunakan bandwidth yang tidak terpakai oleh AMPS pada frekuensi 800 MHz hingga 900 MHz untuk transfer data dengan kecepatan hingga 19,2 Kbps. AT&T Wireless di Amerika memperkenalkan layanan PocketNet, yang merupakan aplikasi mobile Internet dengan HDML (Handheld Device Markup Language) sebagai markup language untuk menginterpretasi konten web. CDPD tidak berkembang karena mahal dan gagal berkompetisi dengan teknologi yang lebih baru (2G) dan terkalahkan oleh GPRS.

Mobitex, merupakan jaringan seluler packet-switched yang dikembangkan Ericsson berdasarkan standar OSI. Mobitex beroperasi pada 900 MHz di Amerika Utara dan 400-450 MHz di Eropa. Perangkat BlackBerry yang menggunakan jaringan Mobitex adalah RIM 950 dan 957.

DataTAC, merupakan standar teknologi jaringan data wireless yang dikembangkan oleh Motorola dan diimplementasikan di Amerika dan Australia (oleh Telecom Australia/Telstra). Teknologi ini dikembangkan oleh Motorola untuk melayani komunikasi data. Beroperasi di frekuensi 800 MHz, dengan kecepatan data sampai 19,2 Kbps. Perangkat BlackBerry yang menggunakan jaringan DataTAC adalah RIM 850 dan 857.

Secara umum, kemampuan teknologi 1G dapat melayani komunikasi suara dan komunikasi data dengan kecepatan rendah. Kelemahan teknologi ini adalah kapasitas trafik yang kecil, jumlah pelanggan yang dapat ditampung dalam satu sel sedikit, penggunaan spektrum frekuensi yang boros karena satu pelanggan menggunakan satu kanal frekuensi, adanya derau intermodulasi sehingga suara tidak jernih.

About these ads

Responses

  1. [...] http://budidar.wordpress.com/2007/12/04/teknologi-generasi-pertama [...]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: